hallo kawan kali ini saya akan berbagi tentang asal mula mobil....
Sejarah
Kendaraan tenaga uap pertama dibuat pada akhir abad
18.
Nicolas-Joseph Cugnot dengan sukses
mendemonstrasikan kendaraan tersebut pada tahun 1769.
Kendaraan pertama menggunakan tenaga mesin uap,
mungkin peningkatan mesin uap yang paling dikenal, dikembangkan di Birmingham,
Inggris oleh Lunar Society.
Dan juga di Birmingham mobil tenaga bensin pertama
kali dibuat di Britania pada tahun 1896 oleh Frederick William Lanchester yang
juga mematenkan rem cakram.
Pada tahun 1890-an, etanol digunakan sebagai sumber
tenaga di A.S.
Kepopuleran
Penemuan Cugnot penggunaannya dilihat secara rendah
di tempat asalnya Prancis, dan penemuan tersebut diteruskan ke Britania, di
mana Richard Trevithick menjalankan gerobak-uap di tahun 1801.
Kendaraan tersebut dianggap aneh pada awalnya, namun
penemuan dalam dekade setelahnya, seperti rem tangan, transmisi
multi-kecepatan, dan peningkatan kecepatan dan setir, membuatnya sukses.
Sekarang ini, Amerika memiliki mobil lebih banyak
dari negara lainnya.
Jepang memimpin dalam pembuatan mobil, tetapi
penduduk Jepang tidak mampu membiayai menjalankan mobil karena tempat parkir
yang jarang dan harga bahan bakar yang mahal
Inovasi
Paten mobil pertama di Amerika Serikat diberikan
kepada Oliver Evans pada 1789;
pada 1804 Evans mendemonstrasikan mobil pertamanya,
yang bukan hanya mobil pertama di AS tapi juga merupakan kendaraan amfibi
pertama, yang kendaraan tenaga-uapnya sanggup jalan di darat menggunakan roda
dan di air menggunakan roda padel.
Umumnya mobil pertama mesin pembakaran dalam yang
menggunakan bensin dibuat hampir bersamaan pada 1886 oleh penemu Jerman yang
bekerja secara terpisah.
Carl Benz pada 3 Juli 1886 di Mannheim, dan Gottlieb
Daimler dan Wilhelm Maybach di Stuttgart.
Pada 5 November 1895, George B. Selden diberikan
paten AS untuk mesin mobil dua tak.
Paten ini memberi dampak negatif pada perkembangan
industri mobil di AS.
Penerobosan spektakuler dilakukan oleh Berta Benz
pada 1888.
Mesin-uap, listrik, dan bensin bersaing untuk
beberapa dekade, dengan mesin bensin pembakaran dalam meraih dominasi pada
1910-an.
Garis-produksi skala besar pembuatan mobil harga
terjangkau dilakukan oleh Oldsmobil pada 1902, dan kemudian dikembangkan
besar-besaran oleh Henry Ford pada 1910-an.
Dalam periode dari 1900 ke pertengahan 1920-an
perkembangan teknologi otomotif sangat cepat, disebabkan oleh jumlah besar
(ratusan) pembuat mobil kecil yang semuanya bersaing untuk meraih perhatian
dunia.
Pengembangan utama termasuk penyalaan elektronik dan
self-starter elektronik (keduanya oleh Charles Kettering, untuk Perusahaan
mobil Cadillac di tahun 1910-1911), suspensi independen, dan rem empat ban.
Pada tahun 1930-an, kebanyakan teknologi dalam
permobilan sudah diciptakan, walaupun sering diciptakan kembali di kemudian
hari dan diberikan kredit ke orang lain.
Misalnya, pengemudian roda-depan diciptakan kembali
oleh Andre Citroën dalam peluncuran Traction Avant pada 1934, meskipun
teknologi ini sudah muncul beberapa tahun sebelumnya dalam mobil yang dibuat
oleh Alvis dan Cord, dan di dalam mobil balap oleh Miller (dan mungkin telah
muncul pada awal 1897).
Setelah 1930, jumlah produsen mobil berkurang drastis
berpasan dengan industri saling bergabung dan matang.
Sejak 1960, jumlah produsen hampir tetap, dan
inovasi berkurang.
Dalam banyak hal, teknologi baru hanya perbaikan
dari teknologi sebelumnya.
Dengam pengecualian dalam penemuan manajemen mesin,
yang masuk pasaran pada 1960-an, ketika barang-barang elektronik menjadi cukup
murah untuk produksi massal dan cukup kuat untuk menangani lingkungan yang
kasar pada mobil.
Dikembangkan oleh Bosch, alat elektronik ini dapat
membuat buangan mobil berkurang secara drastis sambil meningkatkan efisiensi
dan tenaga.
KEamanan
Kecelakaan mobil hampir sama tua dengan mobil itu
sendiri.
Joseph Cugnot menabrak mobil tenaga-uapnya
"Fardier" dengan tembok pada 1770.
Kecelakaan mobil fatal pertama kali yang dicatat
adalah Bridget Driscoll pada 17 Agustus 1896 di London dan Henry Bliss pada 13
September 1899 di New York City.
Setiap tahun lebih dari sejuta orang tewas dan
sekitar 50 juta orang terluka dalam lalu lintas (menurut perkiraan WHO).
Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi mabuk
atau dalam pengaruh obat, tidak perhatian, terlalu lelah, bahaya di jalan
(seperti salju, lubang, hewan, dan pengemudi teledor).
Fasilitas keamanan telah dibuat khusus di mobil
selama bertahun-tahun.
Mobil memiliki dua masalah keamanan dasar:
Mereka memiliki pengemudi yang sering kali berbuat
kesalahan dan ban yang kehilangan gesekan ketika pengereman mendekati setengah
gravitasi.
Kontrol otomatis telah diusulkan dan dibuat contoh.
Riset awal memfokuskan pada peningkatan rem dan
mengurangi bahaya api sistem bahan bakar.
Riset sistematik dalam keamanan tabrakan dimulai
pada 1958 di Ford Motor Company.
Sejak itu, banyak riset memfokuskan pada penyerapan
energi luar dengan panel yang mudah hancur dan mengurangi gerakan manusia pada
ruang penumpang.
Ada tes standar keamananan mobil, seperti EuroNCAP
dan USNCAP.
Ada juga tes yang dibantu oleh industri asuransi.
Meskipun peningkatan dalam teknologi, angka kematian
dari kecelakaan mobil tetap tinggi, di AS sekitar 40.000 orang meninggal setiap
tahun, angka yang tetap bertumbuh sesuai dengan peningkatan populasi dan
perjalanan, dengan tren yang sama di Eropa.
Angka kematian diperkirakan akan menjadi dua kali
lipat di seluruh dunia pada 2020.
Angka yang lebih banyak dari kematian adalah luka
dan cacat.
sekian dari saya thanks
Comments